my campus

my campus
gunadarma

time is money

Tips menangani komputer yang tidak bisa menyala sama sekali...

Posted by: yoedha / Category:

Tips Menangani PC atau Komputer yang tidak bisa Menyala sama sekali


Komputer sekarang ini sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat umum. Sehingga banyak orang yang ingin sekali memilikinya. Karena ini pengguna komputer tidak ingin terjadi masalah pada komputernya. Banyak masalah yang sering terjadi pada sebuah komputer. Masalah yang paling umum adalah komputer tidak bisa menyala sama sekali.











Dibawah ini beberapa tips untuk menangani komputer yang tidak bisa menyala sama sekali. Jika komputer mati total itu ada banyak penyebabnya. Untuk itu,cek dari hal termudah dahulu :

• Yang pertama dilakukan adalah cek apakah kabel power dari CPU, Monitor ke listrik masih baik.
• Jika menggunakan stabilizer atau UPS pastikan dalam keadaan baik dan tidak rusak
• Cek apakah tombol power pada cpu masih bekerja dengan baik atau tidak, pastikan kabel power tidak ada yang terputus, dan lihat apakah sudah terpasang dengan benar pada motherboard.
• Cek power suply apakah masih baik dan memberikan daya yang sesuai atau tidak. Untuk hal ini bisa anda lakukan dengan alat ukur, atau jika berani menanggung resiko pasang pada komputer lain jika masih menyala berarti masih layak untuk digunakan.
• Pastikan power suply dalam keadaan baik, jangan hubungkan kabel daya ke perangkat lain kecuali motherboard yang sudah dipasangi prosesor. Lihat apakah kipas prosesor masih menyala jika tidak maka ada kerusakan di prosesor atau motherboard.
• Jika ternyata komputer menyala, pasang kembali satu persatu perangkat keras atau hardware pada PC anda lalu coba hidupkan kembali. Contohnya pasang prosesor atau RAM, hidupkan komputer, kemudian lihat apakah komputer bisa menyala atau tidak. Begitu seterusnya dengan mencoba ke perangkat keras lainnya jika komputer belum bisa menyala. Jika ternyata ketika kita memasang salah satu hardware misalnya harddisk, dan ternyata komputer tidak menyala, maka harddisk tersebut rusak/korslet.
• Jika masih belum bisa menyala juga, saran saya sebaiknya bawalah komputer anda ke teknisi komputer yang anda percaya. Hehehe...

Diatas adalah langkah-langkah yang harus dilakukan dan dicoba untuk menangani komputer yang tidak bisa menyala sama sekali. Semoga bermanfaat.



3 komentar:

  1. Gamers Says:

    Gan, kalo ada 1 kabel power supply yang di deket ram ga bisa dipasang itu masalah ga?

  1. TRI MUJIYANTO Says:

    akan segera diccek thks..

  1. Unknown Says:

    thanks atas sarannya bro...

Posting Komentar