my campus

my campus
gunadarma

time is money

Apa itu iptables

Posted by: yoedha / Category:

Apa itu iptables

Untuk memahami apa itu iptables, diharapkan pembaca sudah pernah atau memiliki pengetahuan tentang TCP/IP. Ini dikarenakan TCP/IP itu merupakan dasar darei penggunaan iptables.
Tahap berikutnya yang harus disiapkan adalah pc (komputer) yang sudah terinstall linux. Lebih baik lagi jika komputer yang digunakan mempunyai 2 buah network interface card, karena bisa menjalankan fungsi packet forwarding. Dan juga saya menyarankan agar linux yang digunakan adalah dengan kernel 2.4 ke atas, karena dengan linux jernel 2.4 ini sudah memiliki dukungan iptables secara default, sehingga anda tidak perlu melakukan kompilasi ulang kernel anda.
Pada dasarnya iptables itu mempunyai tiga chain yaitu INPUT, OUTPUT, dan FORWARD.
IPTables memiliki 3 buah tabel, yaitu NAT, MANGLE dan FILTER. Penggunannya disesuaikan dengan sifat dan karakteristik masing-masing. Fungsi dari masing-masing tabel tersebut sebagai berikut :

1. NAT : Secara umum digunakan untuk melakukan Network Address Translation. NAT adalah penggantian field alamat asal atau alamat tujuan dari sebuah paket.
2. MANGLE : Digunakan untuk melakukan penghalusan (mangle) paket, seperti TTL, TOS dan MARK.
3. FILTER : Secara umum, inilah pemfilteran paket yang sesungguhnya.. Di sini bisa dintukan apakah paket akan di-DROP, LOG, ACCEPT atau REJECT


0 komentar:

Posting Komentar